Selasa, 28 Desember 2010

Samakah antara Sistem dalam sepak bola ,peredaran darah dalam tubuh, dengan sistem administrasi negara ??

Mungkin kita tahu jika sudah saatnya kita bangkit, melawan ketinggalan yang ada dalam diri kita saat ini,cobi dilihat dengan seksama, betapa pentingnya sebuah sistem yang kita terapkan jika kita telah punya strategi yang matang untuk melawan sesuatu, seperti pada sebuha pertandingan sepak bola. Kita tahu sekarang negara kita sedang dilirik oleh berbagai negara yang ada dan termasuk dalam negara yang terdaftar dalam piala AFF. Dimana Indonesia telah masuk final dan melawan Malaysia.
Mungkin kita telah kecewa karena Indonesia telah kalah 0-3 melawan Malaysia kemarin. Tetapi itu bukanlah akhir segalanya. Masih ada kesempatan untuk kesekian kalinya dan masih dapat kita tunjukan taring kita sebenarnya jika kita mau dan saya yakin kita bisa.
Sebenarnya menurut pendapat saya, Indonesia itu sebenarnya salah dalam menyusun sebuah strategi dan harus ada perubahan sebuah strategi melalui perombakan sistem yang mendasar dalam pemasukan pemain-pemain yang berkaliber nasional bahkan go internasional tersebut. Jika Timnas dapat merubah sistemnya dalam formasi bertahan atau menyerangnya, saya yakin kita pasti menang!!
Hal ini sama seperti administrasi negara, jika tanpa sebuh asistem yang memadai, maka kita akan berada dalam sebuah kehidupan tata pemerintahan yang payah. Hal ini disebabkan tiadanya pengaturan yang sistematis diantara elemen-elemen pendukung kelancaran sebuah sistem tersebut sehingga itulah yang membuat sebuah badan kacau. Jika saya boleh mengibaratkan kembali, sistem negara kita itu seperti sistem peredaran tubuh manusia, jadi penting sekali keberadaannnya.
Nah, dari sini, saya sudah mulai berpendapat bahwa tanpa sebuah sistem yang baik,maka semuanya akan kacau, seperti bermain bola, dan peredaran darah dalam tubuh kita. Jika sistem ya tersendat, maka semuannya akan kacau. Saya berani berkata, karena itu memang benar adanya....
Jika tak percaya, ayo ikuti experimen saya seperti sumbatlah saluran air (saluran pembuangan) disekitar rumah anda dengan sesuatu,lalu tunggu beberapa saat,pasti air tersebut menyumbul kepermukaan, dan terjadi leleran air comberan.(tapi jangan lupa dibenahi kembali ya salurannya.... n.n)
Itulah segelintir pemikiran saya, bahwa betapa pentingnya sebuah sistem itu...
Hidup sepak bolaku ....
Hidup Indonesia ,...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar